Mengenal Linux

Tuesday, February 05, 2013

sumber gambar linux.org

 
Linux adalah sistem operasi yang open source alias free atau gratis sebagai alternatif bagi pemakai komputer yang mempunyai budget pas-pasan dan ingin menghemat.
Saya sendiri memilih memakai Linux karena
gratis dan legal, daripada memakai windows yang bajakan. Untuk membeli yang asli, saya merasa berat di kantong (curcol, hehe).

Linux sendiri menurut saya mudah semudah menggunakan windows, malah lebih mudah. Mungkin karena saya tidak memakai windows jadi saya berkata begitu. Untuk fiturnya sendiri tak kalah dari Windows. Banyak software tandingannya, seperti untuk office Linux memakai open office atau libre office.
Microsoft Word : LibreOffice Writer
Microsoft Excel: LibreOffice Calc
Microsoft Powerpoint: LibreOffice Impress
Corel Draw : LibreOffice Draw
Photoshop: GIMP
dll.

Bahkan untuk mengetik file di Office writer mudah untuk mengkonversi kedalam bentuk PDF. Tinggal klik ikon PDF yang berada tab atas, atau klik File – export as PDF.

tampilan libreoffice writer untuk save as PDF
Kalau khawatir untuk pembacaan komputer lain (bukan linux) yang akan membaca file kita karena format filenya yang beda, kita tinggal ganti saja type-nya. Misal dari .odt menjadi .doc, kita tinggal save as dan pada kiri bawah klik file type. Dan pilih type yang kita inginkan.
tampilan save as : tanda hitamuntuk memilih file type

Dan untuk antisipasi virus, setelah berselancar di dunia maya dan saya baca-baca ternyata linux aman dari virus tidak segampang Windows. Ya, mudah-mudahan saja...hehe...

Semoga tulisan ini bermanfaat, wassalam!

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

Popular Posts

Flickr Images