Ulasan Nina Bobo

Thursday, September 12, 2013

Nonton acara On The Spot di Trans 7 malam ini, bikin saya ingin posting tentang salah satu info unik acara itu.

sumber gambar
Dalam acara tadi dibahas tentang 'Misteri dalam karya seni', yang salah satunya tentang asal usul lagu yang tentunya begitu terkenal di negara kita yaitu lagu pengantar tidur anak-anak berjudul "Nina Bobo".

Siapa sih yang tidak kenal lagu ini? Pasti semua orang dari mulai anak-anak sampai orang dewasa kenal dengan lagu legendaris ini. Biasanya para ibu mengajarkannya atau biasa mendendangkannya saat anak akan tidur.


Balik lagi ke acara On The Spot tadi. Dalam program tersebut diceritakan tentang Nina yang sebenarnya adalah seorang gadis cilik yang berdarah Indonesia-Belanda dan bernama Helenina. Ia terbiasa dinyanikan lagu "Nina Bobo" oleh sang ibu sebagai pengiring tidurnya. Namun gadis kecil itu tak berumur panjang, pada usia 6 tahun ia meninggal. Dan diceritakan setelah kematian Nina, setiap ibu yang menyanyikan lagu "Nina Bobo" dan ternyata anak itu terlelap, maka Nina akan datang dan menjaga agar anak itu terus terlelap dan nyenyak.

Itu kisah dari program On The Spot, sebelumnya saya pernah browsing mengenai lagu mistis (lagi tertarik sama yang mistis dan konspirasi, hihi tapi bukan konspirasi kemakmuran yaa...), dan nyangkut dibeberapa situs yang membahas lagu "Nina Bobo" tadi. Dan seingat saya dari beberapa situs itu saya simpulkan bahwa lagu "Nina Bobo" adalah lagu yang selalu dinyanyikan oleh ibu Nina yang merupakan seorang yang berasal dari Belanda. lagu itu terus dinyanyikan sebagai pengantar tidur, namun Nina sang anak meninggal akibat sebuah penyakit. Menurut salah satu sumber yang pernah saya baca, ibu Nina yang sangat sayang pada Nina terus menyanyikan lagu ini... (koreksi kalau saya salah, karena agak lupa juga, heee) dan yang membuat cerita ini berasa mistis adalah menurut beberapa sumber, jika menyanyikan lagu ini didepan cermin atau sendiri saat tengah malam(ah, kali ini lupa lagi tapi sepertinya begitu, entah depan cermin sendiri entah sendiri saja pada jam 12 malam),maka noni Belanda itu katanya akan datang!

Percaya?

Ketika saya melihat program On The Spot itu, saya yang biasa aja jadi penasaran, siapa sih yang menciptakan lagu ini dan bisa jadi cerita yang begitu bombastis?

Saya googling dan mencari tahu semoga tidak sekedar hoax semata. Akhirnya saya dapat dari om Wikipedia (bisa dilihat di sini: http://id.wikipedia.org/wiki/Nina_Bobo).

Oke deh saya jelaskan menurut Wikipedia. Disitus ini saya dapat 'pencerahan' sedikit mengenai lagu ini. Nina yang ada pada lagu ini bukan nama seorang gadis asal Belanda yang banyak dibahas di situs-situs yang pernah saya baca. Nina berasal dari bahasa Portugis yang berarti 'gadis'. Tapi sebenarnya lagu ini bukan untuk gadis semata tapi untuk anak laki-laki pula (tapi gak enak juga ya...?)

Karena di halaman Google ada lagi yang membahas lagu ini namun tidak berkaitan mistis, maka saya buka juga di situs Kidnesia (ini alamatnya: http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Dari-Kamu/Tanya-Nesi/Musik/Siapa-Pencipta-Lagu-Nina-Bobok).

Memang sih ini situs majalah anak, tapi kalau untuk anak-anak isinya berilmu dan bukan hoax kan?

Kita bahas disitus ini. Lagu "Nina Bobo" yang sering kita dengar diduga diadaptasi dari lagu Eropa. Dan melodinya mirip dengan lagu gerejani "Abide With Me" (kalau mau tahu bisa searching di Youtube, kebetulan saya juga belum lihat, hehe).

Mengenai siapa penciptanya, masalah ini belum saya temukan. Namun lagu ini yang pasti pernah dipopulerkan oleh Anneke Grönloh dan Wieteke van Dort.


Nah jawaban dari dua situs tersebut membuat saya lebih puas daripada kabar yang beredar dimana-mana yang menurut saya lebih bagus untuk cerita fantasi. Bagaimana menurut pembaca?

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aq juga liat ulasan yang di on the spot
    merinding2 gimana gtu ya :(

    ReplyDelete
  2. iya, lumayan nyeremin... makasih sudah mampir...:)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

Popular Posts

Flickr Images