Kenangan bersama Kota Pahlawan

Sunday, April 12, 2015

Ini cerita saya mengenai perjalanan saya bersama Kota Pahlawan Surabaya.

Awal saya berangkat kesana adalah saat memenuhi kewajiban saya sebagai istri yang harus ngikut suami disana karena pekerjaannya memang disana. Usai prosesi pernikahan, tak lama saya diboyong merantau ke ibukota Jawa Timur itu.

Pertama saya begitu antusias, walaupun sedih juga harus jauh dari keluarga. Namun ini merupakan pengalaman yang akan sangat menyenangkan bagi saya kala itu, mengingat ini adalah perjalanan terjauh yang pernah saya lakukan :).

Oke langsung saja menuju lokasi. Disana begitu membuat saya takjub! Mengapa?

Karena, kota yang sebenarnya panas banget dibanding Bandung ini sungguh tertata rapi, mulai dari taman-tamannya yang banyak, pepohonan sepanjang jalan yang tertata, serta perawatan yang menurut saya oke.

Ada beberapa tempat yang pernah saya kunjungi selama tinggal disana, yakni:

-Taman Bungkul

 

suasana taman bungkul dimalam tahun baru begitu ramai


Taman ini adalah taman yang peling terkenal menurut saya. Kalau malam Minggu pasti deh padat sekali, kalau Minggu pasti menjadi jalur Car Free Day yang berlangsung sampai jam !0 pagi (koreksi kalau salah).

Tempatnya lumayan nyaman, Saya sediri jarang kesini. Mungkin sekitar 3 kalian.

-Taman Bibit Surabaya

Taman Bibit yang sejuk di tengah kota



Ini tempat favorit saya dan keluarga! Kenapa?
Disana ademmm banget, ada satwanya juga biarpun gak sebanyak di kebun binatang. Ada arena bermain  anak juga, ada perpustakaan juga dan ada wifi-nya, dan.... biaya masuknya GRATIS lho...

area outbond cocok untuk aktifitas anak yang terdapat di Taman Bibit
senengnya lihat Rusa...:)


Disana terdapat bermacam pohon dan bibit pohon, dan tiap pohon dilabeli sesuai namanya. Jadi cocok buat yang mau belajar.

namanya taman bibit ya pasti ada bibitnya... :)


-Kebun Binatang Surabaya (KBS)



Meskipun banyak berita miring tentang kebun binatang ini, tapi saya keukeuh mau kesana saat itu. Dan, memang sih pas masuk agak prihatin juga lihat kondisi hewan-hewan disana. Mulai dari, hewan-hewan yang ada lukanya, lalu kandang monyet yang gersang sekali, dan menurut saya harus lebih ditingkatkan lagi perawatannya.


-Masjid Nasional Al-Akbar 


view dari menara


Ini mesjid agung tapi letaknya bukan dipusat kota, seperti mesjid agung Bandung. Letaknya malah berada di perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo. Jadi dipinggiran gitu.
Bangunannya indah, dengan kubah berwarna biru. lokasinya tidak dilalui angkot, jadi kalau kesana harus naik kendaraan pribadi ya...
Terdapat pedagang kaki lima yang dikhususkan dalam satu lokasi, jadi lebih teratur. Tiap bulan puasa suka ada bazaar disekeliling masjid, mulai dari makanan, minuman, pakaian dan lain-lain.

-Tugu Pahlawan

dibelakang terdapat tugu pahlawan dan museum yang mirip piramid


Disini kita bisa belajar sejarah. Disalamnya terdapat tugu yang merupakan monumen bersejarah. Ada museum juga, yang berisi alat-alat bersejarah, biorama, serta pemutaran film dokumenter saat peristiwa 10 November.
Setiap hari Minggu pasti ramai. Dan disekeliling lokasi nampak pedagang kaki lima yang mengelilingi biasanya, namun saat tengah hari biasanya sudah sepi dan... lokasi bersih dari sampah menurut saya! Jadi, gak berbekas ada pasar tumpah.


-Suramadu

Jembatan yang dibangun pada masa SBY ini jadi tempat yang wajib dikunjungi menurut saya. Meskipun tidak bisa berhenti diatasnya, tapi sensasi menyebrangi laut yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini, lumayan bikin puyeng juga jika berkendara motor.
Setahu saya, ini adalah satu-satunya jalan tol yang bisa dilewati motor. Yang asyik menurut saya sih, saat berangkat lewat Suramadu, dan pulang lewat Perak dengan naik kapal laut.

-Taman Prestasi

Namanya Taman Prestasi. Saat saya kesana kebetulan ada seni pertunjukan tradisional disana. Semacam kuda lumping atau apalah, saya sendiri kurang mengerti, yang pasti ada seni debusnya juga. Saya gak berani nonton begituan, padahal kata suami seru, ada humopat rnya. Lha saya gak ngerti bahasa Jawa, mana ngerti...? hihi...

pertunjukan seni di Taman Prestasi


wahana transportasi air di Taman Prestasi



Oh iya, lokasinya berada dipinggir Kalimas, itu lho sungai besar yang mengelilingi Surabaya (entahlah,  yang pasti kemana-mana saya ketemu sama sungai ini). Dan di sungai ini ada wahana perahu lho, jadi bisa berperahu ria sambil menikmati pemandangan kota Surabaya yang walaupun kota dan panas ada wahana asyik seperti ini. Seru!

-Kenjeran

Disana terdapat pantai Kenjeran. Meskipun bukan pantai pasir tapi pantai bebatuan tapi lumayan seru juga ho tempatnya. Areanya luas, ada area bermain untuk anak-anak, dekat dengan patung (entah) dewi apa, yang pasti patung dari agama Budha atau Kong Hucu saya gak ngerti juga.

saat memasuki area kenjeran disuguhi nuansa oriental atau China, apa memang dekat kuil?


view pantai Kenjeran


Banyak yang menjajakan makanan juga, mulai dari sate, seafood dll.

Sebenarnya sih masih banyak cuman saya lupa namanya (halah), dan ada beberapa tempat juga yang hanya jadi wishlist saya dan belum sempat kesana. Semoga saya bisa kesana lagi biarpun sudah tinggal disini (Bandung).

Menurut saya kota Surabaya penuh kesan, apalagi saat saya disana memiliki pemimpin yang bagus yakni walikota bu Risma.

nb: Tulisan ini bukan berarti mengurangi rasa cinta saya pada kota Bandung.


You Might Also Like

3 komentar

  1. Lokasi terakhir dekat rumah saya mba, kalo ngga salah nama patungnya Dewi Kwan Im.. dewi kecerdasan dalam mitologi China. Main-main Mba ke rumah :X

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah... rumahnya dekat laut donk ya? aku udah gak di sana lagi maaak... hiks... :)

      Delete
    2. eeh.. makasih info lengkapnya maak... :).

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images