Resep Pisang Aroma ala HoyongNyerat

Saturday, November 14, 2015

Ada yang suka olahan pisang? Saya sukaaaa banget olahan pisang, entah itu cuma direbus, dibikin pisang goreng, kolak, cake, kue rasa pisang, keripik, pisang aroma dan lainnya. Nah kebetulan dari kemarin saya udah pengen bikin pisang aroma. Saya bikin deh dan hasilnya cukup bikin lidah saya nyaman,... mmm... nyam...nyam... kriuk!

Pisang Aroma ini adalah makanan yang saya kenal sejak jaman SMP, yang mana didepan sekolah saya yakni SMPN 1 Cicalengka suka nangkring yang jualan jajanan ini. Harganya cukup murah cuma 500 perak perbiji-nya. Tapi kalau bikin lumayan lhooo jadi banyak, bahannya sederhana pula.

Oke langsung saja kita ke tahap resep pisang aroma ini.

Bahan:





  • Kulit lumpia 16 lembar
  • Pisang ambon 4 buah
  • margarin secukupnya (bisa di skip)
  • Air secukupnya (untuk perekat)
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
 
 Isian:

  • Meses secukupnya
  • Keju secukupnya 
  •  Palm sugar atau gula semut secukupnya
Optional: 
  • Gula halus secukupnya
  • Bubuk kayu manis secukupnya

Cara:
  •  Potong pisang menjadi 4 (sesuaikan saja besar kecilnya potongan)
  • Siapkan kulit lumpia, oles dengan margarin pada satu sisi yakni tempat untuk meletakkan pisang (jangan semua permukaan yang dioles, cukup bagian yang ada pisangnya.)
  • Tata diatas margarin pisang dengan coklat, untuk varian lain bisa pisang bersama  keju dicampur palm sugar, atau juga bisa hanya keju saja untuk diisi bersama pisang (boleh dipilih dan dikreasikan, karena saya buat 3 rasa, yakni pisang coklat, pisang keju dan pisang keju versi manis).
  • Gulung dan oles dipinggir terakhir dengan air untuk merekatkan gulungan.

sebelum digoreng


  • Siapkan wajan diatas kompor, tuang minyak secukupnya tunggu hingga panas lalu goreng jangan terlalu lama.
  • Angkat tiriskan
  • Siapkan wadah, taburi bubuk kayu manis, tata Pisang aroma, lalu taburi lagi dengan gula halus. 



 Hasilnya, Yumna anak saya sukaaaa banget! Alhamdulillah... dia paling suka yang varian coklat. Kalau pakai taburan gula tentu rasa kulit lumpia jadi manis, saya suka dan wangi kayu manisnya saya suka juga, heee. Tapi tak pakai juga masih enak kok. Mau bikin juga? Yuk bikin, gampang kok!




You Might Also Like

9 komentar

  1. Wah Cicalengka ya? Aku juga pernah mengalami masa kecil di sn hehe.. Bwt cari kulit lumpia apa ada yg jual di pasar tradisional?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Cicalengka... Teteh asli sini? Ada kok teh... murah lagi dibanding toserba Griya yang disana... heee

      Delete
  2. Saya juga suka pisang. Kalau pisang aroma belum pernah nyoba bikin sendiri. Beli aja. Makasiih resepnya ya, Mak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin jadi banyak lhooo mak... modalnya keciiil... heee... salam kenal, mak... :)

      Delete
  3. Saya paling suka pisangnya diganti nanas Mak.. nyamm.. jadi kangennn.. :D
    Tfs, salam kenal ;)

    ReplyDelete
  4. Saya paling suka pisangnya diganti nanas Mak.. nyamm.. jadi kangennn.. :D
    Tfs, salam kenal ;)

    ReplyDelete
  5. Klo pengin pisang aroma saya tinggal mampir ke warung burjo aja mak,
    maklum anak kos :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang paling enak beli udah jadi tinggal ammmmm...!

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images