Cara Merotasi Gambar di Blogger

Saturday, December 06, 2014



Udah cape ketik artikel ke blogger, gak lupa kasih gambar donk ya biar menarik. Pas di upload, nunggu lumayan lama gara-gara pake paket internet yang murah (ihihi...). Udah nunggu, nongol juga tuh gambar.

Pertama lihat sih, kok miring ya? Aah mungkin bisa diatur kalau udah di select. Okeh, klik aja cepet mumpung lagi semangat nih...

miring? Okelah, bisa diatur (mungkin). Klik foto, cuman ada buat ukuran, posisi, caption, title, sama remove? O-o-ow... ! Udah klak-klik sana sini tapi tetep, gak nemu.
Aku cek deh di folder komputerku, dan padahal posisinya tegak gak miring. Tapi, pas upload kok jadi miring begini ya...?

Ada yang punya masalah yang sama dengan aku? Foto susah dirotasi di blogger?

Akhirnya, daripada aku terus pake teori sok tahu, maka aku nyerah deh sama mbah Google. Mbah yang satu ini memang pinter luar biasa.

Aku cari pake kata kunci, “cara merotate gambar di blogger ”. Dan di situs berbahasa Indonesia ternyata pada halaman pertama hasilnya nihil. Aku cari lagi dengan kata kunci, “cara merotate gambar di blogspot”. Hasilnya tak jauh beda.

Namun, dari kata kunci pertama tadi sebenarnya ada beberapa situs asing berbahasa Inggris yang mengulas. Namun, karena awalnya gak mau repot mikir makanya aku cari lagi. Dan hasilnya ternyata sama saja. Dari pada pusing cari kata kunci dan males (lagi-lagi) buka halaman berikutnya, jadi aku buka aja deh kedua situs itu. Ini sumbernya:

www.junewantsitall.com/2013/08/how-to-rotate-pictures-in-blogger.html

untuk yang ini, entah kenapa loadingnya agak lama untuk buka image (maklum biar ngerti full takut salah arti) jadi aku tutup dan buka yang ini:


untuk yang inipun sebenarnya agak lambat, namun kebetulan anakku lagi manja pengen ini itu, maka aku tinggal dan saat beres, sudah pada kebuka dan jelas.

Jadi intinya, ketika kita upload terus ternyata hasilnya miring dan harus di rotate, yang pertama kita lakukan adalah memasuki laman webpicasa ini link-nya https://picasaweb.google.com/home
Langsung saja masuk dan aku sudah otomatis login ternyata. Kalaupun belum, mungkin bisa login pake akun google.



Lanjut, cari foto yang tadi kita upload lewat blogger itu, setelah ketemu klik saja, lalu edit sesuka hati, termasuk rotate tersedia disana.

Catatan: foto yang aku upload berbentuk tegak, bukan ladscape (entah pengaruh itu atau bukan yang pasti karena yang lain biasanya foto landscape dan tak ada masalah). Maka, saat aku edit rotate-nya aku pilih untuk koreksi otomatisnya yang tinggi bukan normal.

Oh, iya aku mungkin gak terlalu detil menampilkan tutorial, tapi cukup klik di link diatas sudah cukup paham kok. Lagipula mudah banget kok untuk tampilan yang sekarang Selamat mencoba...:)

You Might Also Like

7 komentar

  1. Saya pernah ngalami. Tapi gak tau caranya. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  2. hoo ya ya gitu toh.. makasih infonya :)
    izin nulis di blog saya dengan mencantumkan sumber yaa
    makasih :)

    ReplyDelete
  3. Siip, terima kasih sudah berbagi :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images