Mistis di Tempat Kerja

Wednesday, August 21, 2013


Saat melamun, tiba-tiba teringat masa kerja dulu di sebuah pabrik di daerah Bandung, tepatnya di Rancaekek. Ini pengalaman yang sangat bikin saya tidak bisa melupakannya...:).

Berawal dari cerita teman-teman sepekerjaan yang berdesas-desus mengabarkan kejadian malam kemarin
yang bikin bulu kuduk cukup merinding. Saya yang dikabari oleh rekan kerja saya juga turut merinding dibuatnya. Kabarnya pada shift malam tadi, ada yang melihat sesosok makhluk tinggi besar tanpa kepala di toilet wanita dekat ruangan sewing! (kebetulan toilet itu cukup jauh dari toilet tempat saya bekerja). Namun, meski jaraknya tidak sedekat toilet yang biasa saya gunakan, toilet itu biasa dijadikan alternatif jika air tidak mengalir atau kehabisan di toilet dekat ruangan saya. Tapi untungnya, saat air habis biasanya tepat saat jam makan siang, karena saat itu penuh-penuhnya pegawai untuk sholat dzuhur karena bertepatan juga dengan istirahat.

hanya gambar ini yang saya punya saat kerja dulu
, ini tempat kerja saya
Tak hanya cerita itu, beberapa hari kemudian saya yang waktu itu kebagian shift siang, dikabari teman-teman bahwa ada kejadian aneh tadi pagi. Katanya ada suara orang ketawa dari balik meja yang sedang dipakai teman-teman! Sontak saja saya kaget, namun karena saya tidak melihat dan mendengar secara langsung, selanjutnya saya sih biasa saja.

Saya dan rekan hanya berdua mengerjakan pekerjaan dihampir sudut ruang. Berdekatan dengan galon minum yang berada dekat dengan sudut ruang itu. Saya baru sadar bahwa saya yang berada paling ujung dan paling sepi sepertinya.

Saat asyik mengerjakan pekerjaan berdua, tiba-tiba saya dengar sedikit suara tertawa, suaranya seperti laki-laki dengan nada yang besar. Namun karena kecil tak saya hiraukan. Lalu, suara itu terdengar lagi. Kali ini dengan volume yang lebih besar dan jelas terdengar ditelinga! Saya kaget dan saya tak sengaja menjerit. Teman saya yang lewatpun mendengar hal yang sama!

Sontak semua kaget mendengar jeritan saya. Sampai-sampai manager datang dan menuding saya pengacau, saya jelaskan hal tadi tapi apa mau dikata, menghadapi manager dengan latar warga negara asing membuat dia tidak percaya dengan hal itu. Padahal kalau dilihat dari negaranya, ia berasal dari negara yang terkenal dengan majusinya yang biasanya percaya hal-hal gaib bahkan menyembah ada yang roh!

Karena saya masih syok, saya cukup lemas juga meski saya tidak terlihat pingsan atau duduk. Yang pasti otak saya lemas. Saya jadi takut meneruskan pekerjaan saya. Dan satpampun sampai datang menghampiri, saya dulu kesal dengan satpam tadi, kenapa dia juga tidak percaya? Namun, setelah lama berpikir saya sadar, satpam itu hanya pegawai. Ia hanya menjalankan tugas agar semua berjalan kondusif. Saya tidak bisa menyalahkan satpam juga, meski saya sempat melontarkan ungkapan,”ibu gak bisa menghakimi saya gitu dong...!”

Lalu tak lama kemudian, semua diperjelas bahwa yang tertawa itu adalah orang gudang yang letaknya berad diatas ruangan saya. Namun, saya tidak percaya akan hal ini. Pasalnya, lubang pintu yang terhubung langsung diatas tertutup dan mana mungkin terdengar jelas sekali ke ruangan saya? Padahal aktifitas gudang yang super sibuk atau hanya obrolan orang-orang gudang tak terdengar sama sekali ke ruangan kami.

Saat waktu luang sayapun bertanya pada A Yopi, salah satu pegawai gudang yang biasa mangkal di pintu atas. Saya ungkapkan ketidak-percayaan saya, dan alangkah kagetnya saat dia bilang, alasan itu agar masalah beres, hingga orang gudang mengiyakan saja suara itu dari gudang!

Mendengar itu bulu kuduk saya sempat merinding lagi, namun saya serahkan saja pada Yang Maha Menciptakan makhluk, dari yang gaib hingga yang terlihat , dari yang terbuat dari api sampai dari tanah. Dia Yang Maha Melindungi segala makhluk-Nya.

Dan kalau ingin dijabarkan lagi, pengalaman mistis saya tidak hanya sampai disitu. Pernah suatu hari terjadi kesurupan massal. Tak hanya sekali malah. Dalam satu kalipun terjadi sekitar dua hari atau tiga hari. Dan puncaknya terjadi di salah satu hari.

Biasanya suasana kesurupan massal ditandai dengan jam kerja yang super sibuk, hingga mungkin banyak yang melamun dan kelelahan baik secara fisik maupun emosi. Karena hal itu terjadi setiap kerja yang full sekali, lembur yang padat karena untuk ekspor dan order yang banyak. Setahu saya sih begitu.

Balik lagi ke suasana kesurupan massal, awalnya hanya beberapa orang yang menjerit atau pingsan. Namun, lama-lama banyak orang yang ikut-ikutan histeris! Untuk kesurupan massal yang pertama saya alami, pihak perusahaan memanggil orang pintar. Entah itu dari kalangan ustadz atau apa. Yang pasti ada sejenis pawangnya. Lain lagi dengan kejadian yang kedua, tak ada yang dipanggil. Pada masa ini, sang manager benar-benar tidak percaya. Tak ada aksi pembubaran kerja. Semua tetap bekerja. Dia malah menertawakan dan mengira itu hanya pura-pura. Ya, bagaimana lagi memang dia begitu.

Tapi, meskipun begitu. Saya lihat pada keesokan harinya, di sekitar kantor dan luar bangunan ditebar garam. Hmmm... itu maksudnya apa, ya? Kalau saya lihat di film asal negaranya Korea Selatan, garam itu digunakan untuk mengusir orang (sepertinya mengusir roh jahat atau kesialan gitu, karena orang yang diusir juga orang yang begitu dibenci).

Mungkin pembaca akan merasa ini bohongan atau malah pernah merasakan hal yang sama walau dengan cerita berbeda. Tapi saya disini menegaskan ini pengalaman yang saya rasakan. Entah itu memang hal mistis atau hal rekayasa dari orang lain saya tidak tahu. Tapi yang jelas, dalam agama saya hal yang gaib memang ada. Seperti jin, malaikat dan setan mereka tidak bisa dilihat secara kasat mata. Namun, jelas ada dalam Al-Qur'an yang merupakan firman Allah SWT.

Dan tentu saja hal gaib itu tak lantas harus kita takuti, dan kita menjadi budak mereka dan menyekutukan Allah. Maka pada akhirnya kita harus selalu mengingat dan berlindung pada Allah, yang menciptakan mereka dan bisa menghancurkan mereka.

Ini pengalaman saya, bagaimana dengan Anda?

You Might Also Like

5 komentar

  1. pernah juga mak saat pertama kali pindah rumah denger suara2 aneh gitu..tp hanya pertama2 pindahan aja..kl skrg udah gak..biasa aja..mo kenalan kali yaa..hihihi..
    kejadian apapun diserahkan sm Allah dan selalu mendekatkan diri padaNYA insyaallah aman dan selamaat dr bahaya apapun..ya kan mak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mak Enny: wah...neri juga ya mak... hebat deh bisa betah...:)

      Delete
  2. itu foto pabriknya kok kaya di tempat terpencil gitu ya mbak? jauh dari jalan raya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu fotonya sepotong mbak... sebenarnya bangunannya panjang. pinggir jalan kok, cuman ini didalem, jadi gak kelihatan...:)

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images