Coba bikin Cinnamon Roll ala HoyongNyerat

Wednesday, September 30, 2015

Hihi... Tumben-tumbenan saya mau posting cara bikin roti yang bernama Cinnamon Roll ini, padahal aslinya bukan ahli masak, lho...

Gak apa-apa lah, ini hasil eksekusi saya didapur sederhana saya.



Awalnya saya tertarik untuk ber-baking- ria ya karena muncul postingan resep-resep kue dan cake yang
nongol di beranda saya. Fotonya menggugah selera, cara bikinnya kaya yang simpel-simpel aja, sampai muncul dipikiran..."ah... gue juga bisa kayaknya" haha...

Dan akhirnya tertarik lihat postingan di Grup KEB yang dari blog ini : http://eithea.net/2015/09/cinnamon-rolls/ . Kebetulan saya memang pengen banget bikin roti-rotian selain brownies. Kalau brownies udah pernah bikin, kalau roti belum. Ingetnya dipikiran saya, kalau udah mahir bikin roti kan bisa buat bekel kakak Yumna sekolah nanti, hihi... jadi musti belajar dari sekarang!

Resep asli bisa dilihat di blog : http://eithea.net/2015/09/cinnamon-rolls/ . Kalau ini resep yang saya modif, menyesuaikan yang ada dirumah saja, hehe...

Bahan:

  • 7 gr Ragi
  • 250 ml susu  (saya pakai susu Ultra yang warna biru kemasannya)
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr margarin (resep aslinya memakai butter), lelehkan
  • 1 sdt garam
  • 2 telur ayam
  • 500 gr tepung terigu  ( 250 gr terigu protein tinggi, 250 gr terigu protein sedang)

Filling:


  • Secukupnya butter (saya pake margarin)
  • 1 sdm bubuk kayu manis
  • 100 gr brown sugar/gula palem

Bahan-bahan


Cara:

-- Semua bahan takar dulu, biar gak ribet pas nanti memasukkannya

--Hangatkan susu,  setelah hangat (jangan panas) masukan ragi  dan sedikit gula, aduk sampai menyatu.Tunggu kira-kira 8 menit sampai susu berbuih yang tandanya ragi sudah aktif dan siap untuk mengembangkan adonan.
susu yang dicampur ragi dan gula, berbuih pertanda ragi aktif


-- Masukkan ke dalam wadah bahan kering yaitu tepung. gula, garam aduk hingga tercampur
--Masukkan bahan lainnya yang tersisa.

--Aduk dengan tangan dan pindahkan ke tempat yang permukaannya diberi tepung. Jangan lupa, tangan juga memakai tepung agar tidak lengket. Uleni sampai kalis.

--Istirahatkan adonan dengan menyimpan diwadah yang ditutupi kain selama kurang lebih 45 menit atau sampai adonan mengembang menjadi 2x adonan semula.
adonan yang diistirahatkan


--Setelah mengembang, tinju adonan agar gas keluar.

--Bagi dua adonan, pipihkan dan bentuk menyerupai kotak (kotak pipih).

--Buat filling-nya dengan mencampur gula palem beserta bubuk kayu manis.

--Olesi permukaan bentukan pipih kotak tadi dengan margarin, taburi filling tadi.

--Gulung sambil dtekan-tekan agar padat dan menempel.

--Potong-potong (di sumber blog pakai benang biar rapi, tapi saya sendiri gak bisa malah gak rapi, saya pakai gagang sendok deh)

--Tata di loyang dan diamkan dulu hingga mengembang jadi 2x ukuran asalnya.
tata adonan diloyang, ini adonan belum mengembang (gak sabar, heee)


--Panggang di oven dengan suhu 180 derajat C dan waktu 20-30 menit.
panggang adonan yang telah ditata
 Karena gak sabarannya, pada panggangan pertama adonan yang sudah ditata saya langsung panggang, jadi bentuknya gak gendut, heee



hasil tanpa menunggu adonan mengembang sesudah dipotong



hasil adonan yang didiamkan dulu hingga mengembang sebelum dipanggang


Hasilnya, dengan potongan berukuran 1cm-1,5cm saya menghasilkan 20 buah roti. Untuk tampilan baru seadanya, hihi... tapi soal rasa karena takaran yang pas, saya sendiri suka dan tentunya aroma kayu manisnya juga bikin saya suka. Kakak Yumna juga alhamdulillah sukaa... (yippie... mama seneng nak...).

Mungkin ada yang salah dari hasil eksekusi saya? Nampaknya dari bentuknya mesti belajar lagi! Hehehe...


You Might Also Like

2 komentar

  1. wah mantap banget rasanya pasti deh, lihat fotonya saja bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin mbak... sumber resepnya malah lebih bagus tampilannya...

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images