Anda SPG atau mau promo? Sebaiknya begini

Saturday, September 26, 2015




Ceritanya nih ya... tanggal tua begini udah abis aja tuh moisturizer dan sekalian pengen beli night cream juga. Untung masih ada uang sisa walau tanggal tua. Dan, eeh... ladalaaah... sabun cuci piring  mau abis juga, kayu putih sama... pas nengok katalog supermarket langganan, kayu putih lagi diskon lumayan, cuman tanggalnya nyampe 27 September, belum ada pemasukan dooonk, heee...

Okelah, dengan sisa uang yang ada akhirnya saya berani-beraniin deh ke supermarket buat beli yang dibutuh. Inget ya, dibutuh gak lebih!

Datanglah kami ke supermarket itu dan kebetulan lagi banyak SPG berseliweran, ada yang udah familiar karena mungkin SPG udah tetap, ada yang baru. Nah, yang baru ini lumayan banyak juga.

Pas lagi asyik cuci mata, eh ada SPG dari produk shampoo nyamperin. Mulailah dia mem-promo-kan apa yang dia punya.

kira-kira begini ilustrasinya:

- "Mbak, shampoo xxx-nya beli dua cuma 22ribuan... mumpung lagi promo, ada hadiahnya lho mbak"


+ "ah, enggak..."

- "mbak hadiahnya banyak lho mbak, diundi  tapi gak ada yang kosong..."

+ (Udah bilang enggak tetep keukeuh)"enggak dulu"

- "#$@@&#&*@&@*..." (Masih promoin tanpa biarin saya jelasin alasan nggak mau beli produknya)

+  Ngelirik  suami, eh suami gak lihat... dipanggilah dia ,"Yah, gimana ini mau nggak?" (udah males nanggepin sebenarnya plus kasihan juga.

Yang dipanggil malah iya-iya aja... ya gapapa deh buat shampoo suami sama bapak dirumah, soalnya shampoo saya masih banyak plus gak cocok sama produk yang ditawarkan.

Dan beberapa menit kemudian masuk ke lorong lain, ketemu deh sama yang hampir mirip.

"Mbak, softenernya beli 2 cuma 21ribuan... dapet hadiah gak ada yang kosong deh mbak..." (mirip lah, tapi gak terlalu keukeuh juga toh saya tertarik karena butuh juga sama produk ini.)

Akhirnya saya ambil.

Dilorong yang lain, datang lagi ... sudah curiga sih... sekarang malah bawa produknya banyak pake troli dan berdua bareng temennya. Nanyain usia kakak Yumna  ternyata dikasih coba sample susu gratis, 'wiiih lumayan gratis nih... '

Pas dikasih pake difoto segala lagi, waduuuh... jadi mikir pengen beli. belum lagi harganya miring karena beli susu gratis minyak telon. Kan lumayan buat adeknya, harga minyak telon aja udah 15 rebu (katanya sih).

Tapi, keinget juga ini tanggal tua... jangan sampe bablaaas.... huhu...

Dengan berat hati saya bilang enggak dulu, padahal mupeng juga sama produknya. Bukan cuma karena tanggal tua juga, drumah susu Bebexxx punya kakak Yumna masih banyak, soalnya sekarang kakak jarang kasih susu... terutama kalau lagi sakit perut. Alhasil mubazir kalau beli. Mana kakak Yumna pake di lap-in lagi pake tissue mbak SPG yang cantik itu.... duuuh maluuuu...

Tapi, disisi lain saya doakan semoga mbak SPG yang terakhir itu dapet banyak orderan dari pelanggan lain, aamiin...

Intinya, kalau jadi SPG sebisa mungkin terhadap pelanggan:

-Jangan maksa! 
Please deh, kami pelanggan itu bukan orang kaya semua. Kami datang beli ke supermarket buat beli kebutuhan apalagi ini tanggal tua. Kalau lagi tanggal muda sih mungkin bakal mikir, eh tapi kalau maksa secara kasar mah punya duit banyak juga males juga keleuuusss...

Kalau maksa secara halus, mungkin kami bakal mikir juga kalau punya duit banyak.

-Biarkan kami berpendapat

Ini penting banget, lhooo. Kalau promo sah-sah aja, nah yang ngeselin itu kita udah bilang enggak masih keukeuh bilang produk ini bagus, inilah itulah, apalah-apalah. Tanpa bertanyaatau memberi kesempatan konsumen menjawab dengan kalimat yang panjang. Baru ngomong dikit dengan kata 'enggak' pasti dipotong. Cape deeeeh...

-Tetap ramah walau tak dibeli

Jangan sekali-kali jutek lho mbak mas... banyak lhooo konsumen yang cuman kepo sama promonya tapi gak punya duit atau gak tertarik buat beli produknya. Inget, rejeki udah ada yang ngatur... malah nih, ya... kalau saya dapet SPG yang ramah kaya gitu trus kita memang tertarik sama produk, trus dilayani dengan sepenuh hati (contoh SPG susu tadi) tapi gak punya duit atau memang ubazir kalau dibeli, bikin saya pengen do'ain biar dapet rejeki dari pelanggan lain. Hmmm...

Nah itu dari segi saya sebagai konsumen ya... mungkin pendapat yang lain berbeda atau malah ada yang kurang dari pendapat saya? 

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menjatuhkan salah satu profesi, ya... jadi mohon maaf apabila ada yang menyinggung dari tulisan saya ini.


You Might Also Like

4 komentar

  1. Wawaaaaa emang rempong si ya klo pas lg pengen hrmat dijejel2 promo ma dpg..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... mupeng juga mbak sama promo-promonya...

      Delete
  2. Yups, bener Mak. Suka sebel juga kalo ada SPG maksa konsumen buat beli. Ditolak halus ga mempan. Trus gmn dunk? *malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mundur pelan aja mbak, hihi... (alias kaburrr.... )

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images