Nostalgia yuk: Telenovela

Saturday, January 10, 2015



Masih membahas soal nostalgiaan nih, aku pengen mengingat masa-masa dulu ketika lagi booming-boomingnya telenovela. Sebelum drama korea booming, telenovela memang sempat menjadi primadona acara tv dan disukai banyak ibu-ibu, termasuk ibuku. Makanya aku jadi tahu, heee...

Tapi ada juga kok telenovela remaja yang murni aku suka, kita bahas aja dulu ya secara keseluruhan. Yuk naik mesin waktu, siap-siap... tu wa ga... tancap... capcuss...!

Marimar

sumber gambar


Telenovela ini mengangkat cerita klasik telenovela yakni antara si kaya dan si miskin. Marimar hidup ditengah kemiskinan sedangkan pasangannya adalah orang kaya. Diperankan oleh artis cantik Thalia
, dan menurut aku dia artis paling populer di dunia telenovela.
Yang paling aku ingat adalah anjingnya yang bernama Bulgozo. :D



Rosalinda

sumber gambar


Nah dibanding Marimar aku lebih ngikutin telenovela ini. Jujur aja untuk Marimar aku gak terlalu menontonnya (makanya bahasannya agak kurang, heee).
Masih diperankan oleh Thalia.
Bercerita tentang seorang gadis sederhana penjual bunga yang diasuh oleh bibinya yang mengaku ibunya, padahal ibu aslinya adalah Soledad yang dipenjara karena dituduh membunuh. Seorang pria tampan nan kaya jatuh cinta pada gadis yang sering menyelipkan bunga mawar putih di telinganya ini. Ia bernama Fernando Jose, anak dari Valeria.
Rosalinda sendiri mempunyai saudara yang bernama Beto, Fedra dan Lusi. Fedra dan Beto memiliki sifat yang jahat, sedangkan Lusi baik hati. Pokoknya ceritanya lumayan rumit lah, ada hilang ingatan, bertemu dengan pria lain bernama Alex lalu berganti nama menjadi Paloma dan menjadi artis.


Cinta Paulina

sumber gambar


Ini juga termasuk telenovela favoritku. Aku suka karena pemeran utamanya yang bernama Gabriella Spanic (pemeran Paulina) sangat cantik...
Telenovela ini bercerita tentang seorang wanita miskin yang bernama Paulina yang bertugas menggantikan peran Paola Bracho ( Daniela Spanic) yang ternyata mirip sekali alias kembar. Paola sendiri berencana berlibur bersama selingkuhannya. Namun pekerjaan itu malah membuat Paula jatuh cinta pada suami Paula. Dan kondisi rumah tangga Paola yang hampir hancur malah membaik berkat Paulina. Anak-anak jadi sayang ibunya, ibu mertuanya yang kecanduan alkohol bisa berhenti dan menyayangi Paola palsu ini.


Por Tu Amor

sumber gambar
 

Dulu tayang sekitar jam 18.00 WIB di TPI. Ibuku penonton setianya, kalau aku gak terlalu ikutin sih, soalnya waktu itu merasa pemeran prianya ketuaan (masih SD sih, belum ngerti pria matang, hhiihii..)

Diperankan oleh Gabriella Spanic sebagai Maria dan Saul Lisazo sebagai Marco Duran.

Gaby, Hanya Kau Cintaku (Como Tu, Ninguna)

sumber gambar


Aku cari di Wiki kok gak ada ya, yang versi inggrinya juga. Cari di biography Gabriella Spanic gak ada juga perannya menjadi Gaby. Akhirnya nyerah searching di google dan nemu web lautanindonesia.com yang isinya forum membahas telenovela. Dan dapet juga perannya di telenovela aslinya versi negara asalnya. Kalau di Indonesia sebagai Gaby, di sana ia sebagai Gilda Barreto. Bertemu dengan sang mantan suami (Miguel de Leon) yang ikut berperan sebagai lawan mainnya sebagai Raul, dan Eduardo Luna sebagai Raymundo.

Kisahnya tentang pernikahan Gaby yang  kandas karena tidak disetujui oleh ibu Raymundo dengan alasan status. Dan Raymundo menikah dengan wanita pilihan ibunya. Setelah Gaby pergi ditinggal Raymundo ia bertemu dengan Raul yang jatuh hati padanya walaupun Gaby mengandung anak Raymundo.



Esmeralda

sumber gambar


Ini kurang aku ikuti. Tapi aku tahu sedikit sekaligus cari referensi juga, kisahnya tentang gadis buta yang bernama Esmeralda (Laticia Calderon) yang sengaja ditukar oleh Dominggo seorang yang membantu kelahiran istri tuan Rudolf seorang lelaki kaya yang menginginkan bayi laki-laki padahal istrinya melahirkan seorang bayi perempuan. Bayi laki-laki itu bernama Jose Armando (Fernando Colunga) yang dilahirkan oleh Lupe yang meninggal. Sewaktu bayi Esmeralda memang tertukar, dan pada saat dewasa ternyata mereka jatuh cinta. Ternyata tuan Rudolf itu tidak menyukai Esmeralda yang padahal anaknya sendiri karena Esmeralda hidup ditengah kemiskinan dan buta.


Esperanza

sumber gambar


Yang aku ingat dari telenovela ini adalah pemeran utamanya berambut pirang :P. Esperanza diperankan oleh Edith Gonzales dan pemeran prianya Fernando Colunga sebagai Luis Gustavo, lumayan sering juga nongol di tv Indonesia.


Betty La Fea

sumber gambar


Wanita yang terkesan tidak fashionable dengan rambut poni, bergelombang, kacamata hitam dan kawat giginya ini ternyata begitu cantik. Diperankan oleh Anna Maria Orozco (Betty) dan Jorge Enrique Abello (Armando). 

Maria Mercedes

sumber gambar



sumber gambar


Ceritanya berkisar cinta dan kekayaan. Maria (Thalia) yang miskin menikah dengan seorang jutawan bernama Santiago dan ditinggal mati dengan meninggalkan harta yang banyak. Lalu ia jatuh cinta pada Jorge Luis de Olmo (Arturo Peniche) yang masih sepupu mendiang suaminya. Namun, ibu Jorge yang bernama Malvina (Laura Zapata) tak menyetujui hubungan itu karena kecemburuan kepada Maria yang mempunyai harta warisan dari Santiago


Amigos X Siempre



sumber gambar

ana dan Pedro (sumber gambar)



 saat memakai seragam institut vidal (sumber gambar)

Ini telenovela favorit aku waktu SD! Saat itu aku sering membahas bersama teman-teman sekolah kalau sudah nonton serial ini.

Bercerita tentang anak-anak Institute Vidal yang memiliki peraturan yang sangat kaku dan disiplin. Ada petualangannya, persahabatan, konflik orang dewasa, percintaannya juga ada. Ceritanya begitu segar karena telenovela remaja yang memiliki cerita yang menarik tiap episode. Dibumbui lagu-lagu yang enak didengar (gak seperti film India juga yaa...).

Ana (Belinda Peregrin Schull), Pedro (Martin Ricca), Renata (Naidelyn), Santiago (Christopher Uckerman), Rafael (Ronald Duarte), Patricia (Griselle Margarita), Lourdes (Daniela Mercado), Gabriel (Mickey Santana), Salvador (Ernesto Laguardia), Melissa Escobar (Adriana Fonseca), Neftali, Juaquin adalah sebagian dari nama-nama tokoh di telenovela ini.


Carita de Angel

sumber gambar


Kalau nonton ini bener-bener terhibur...! Selain seneng dengan pemeran Dulce Maria, pengisi suaranya yang agak nge-bass bikin gemes buatku.

Ceritanya tentang Dulce Maria (Daniela Aedo) yang tinggal di asrama. Dia mempunyai suster yang menjadi sahabatnya yakni suster Cecilia ( Lisette Morelos)  yang akhirnya jatuh cinta pada ayah Dulce Maria yang diperankan oleh Miguel de Leon dan berhenti menjadi biarawati. Dulce Maria sendiri diceritakan masih bisa mengobrol dengan ibunya yang sudah meninggal di sebuah gudang di asramanya. 

Ada tante Estefania (alias tante rambut palsu) yang diperankan Nora Salinas, dan Ciripa anjing kesayangan Dulce Maria.

Vivan Los Ninos

sumber gambar


Telenovela anak-anak juga. Dan pemerannya masih Daniela Aedo, namun sudah agak besar. Aku kurang ikuti, menurut aku gak sebagus Carita de Angel. Heee

Petualangan Waktu (Aventuras En El Tiempo)

sumber gambar
mesin waktunya (sumber gambar)


Sebenarnya ini seperti menonton lanjutan Amigos, karena diperankan oleh beberapa pemeran Amigos. Seperti Belinda as Violeta, Christopher Uckerman as Angel del Huerto selain itu ada juga Maribel Guardia as Flor del Huerto, Ricardo Chavez as Octavio, Gerardo Murguia as Marcos Flores  dll.

Bercerita tentang petualangan waktu yang dilakukan oleh Violeta dkk dengan mesin waktu yang ditemukannya. Menurutku ceritanya belum bisa mengalahkan Amigos.


Mariana Silvana (Complices Al Rescate)



sumber gambar
Diperankan oleh Belinda juga yang berperan sebagai gadis kembar. Namun sayang di tengah-tengah harus digantikan oleh Daniela Lujan (sempet kecewa banget deh, apalagi di akhir-akhir episode eh muncul Martin Ricca pemeran Pedro di Amigos dan menjadi pasangan Silvana, huhuhu...)

Ceritanya tentang gadis kembar yang ternyata saudaraan. Mariana Cantu hidup sederhana, pandai bernyanyi dan memiliki suara yang bagus. Sedangkan Silvana del Valle hidup ditengah kemewahan dan berambisi menjadi penyanyi namun suaranya pas-pasan saja. Disinilah inti ceritanya, mereka (seperti cerita kembar pada biasanya) bertukar peran.
perbedaan setelah diganti (sumber gambar)


Pemerannya Belinda Peregrin Schull sebagai Mariana Cantu dan Silvana Del Valle, Daniela Lujan sebagai Mariana Cantu dan Daniela Lujan, Martin Ricca sebagai Martin Ricca, Fabián Chávez sebagai Joaquín Olmos, Martha Sabrina sebagai Julia Olmos, dll.


Buku harian Daniela (El Diaro de Daniela)

sumber gambar


sumber gambar


Diperankan oleh Daniela Lujan (tahu kan yang menggantikan Belinda di Mariana Silvana?) saat masih kecil. Mungkin 10 tahun. Dan pasangannya adalah Martin Ricca (sekali lagi, huhuhu). Aku gak ikutin juga, soalnya udah gak suka sama pemainnya. Tapi di serial ini jujur aja menurutku Daniela imut dan lucu kok.

Impian Chabelita (Gotita de Amor)

sumber gambar


Telenovela anak (lagi). Bercerita tentang seorang anak yang bernama Chabelita (Andrea Lagunes) yang tidak merasakan kasih sayang ibunya (Laura Flores) karena dipisahkan oleh sang kakek. Dan ia diasuh oleh seorang pemuda bernama Garcia .


Maria Belen

sumber gambar


Yang seangkatan aku pasti gak akan lupa dengan sosok anak berambut keriting panjang yang di kuncir dua ini. Yup, Maria Belen!

Maria Belen (Danna Paola), Ana (Nora Salinas), Pablo (Rene Lavan) adalah tokoh-tokoh di serial ini. 



Referensi: Pengalaman nonton, wikipedia, on-23.mywapblog.com, lautanindonesia.com, sctv.co.id.



You Might Also Like

25 komentar

  1. Katanya Carita De Angel mau diputar lagi di Global TiVi yaaa??

    Aku suka tuh mbak, samaaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? aku gak tahu... tapi sempet denger ada lagunya diputer ditv, tapi gak tahu itu iklan di Global tv...

      Delete
  2. Aku nyari ripyu Wild Rose sama Cassandra ga nemu, terus Lupita Lopez dan Estrelita si muka kotor (karena punya jerawat banyak) juga ga nemu. hihihi abis itu jaman aku SMP - SMA sih. Ketaun dah tuirnya hehehe. Pas SMA aku ga terlalu ngikutin, tau dikit si Thalia Como pas maen Marimar sama Maria Mercedes. Anjingnya marimar itu lho, namanya happening banget. hehehe. Jaman kuliah Bety La Fea yang biki temen2 di kampus pada kesengsem termasuk yang cowok.
    Salam kenal mak. Tampilan blognya cantik, euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang disebutin mak Efi kayanya belum keumuran, hihi... atau belum ngerti pertelenovelaan kali ya? sempet denger dan baca diinternet tapi aku sama sekali belum nonton maak... heee

      Delete
  3. Replies
    1. siippp mak, jadi pengen nonton lagi, tapi kalau nonton pasti lama yak... secara episode-episodenya suka panjaaaang, heee

      Delete
  4. wuiiiiih....lengkaaaaap amat. Aku suka nonton telenovela.
    membaca ini, ternyata yang aku tonton dulu, cuma baru sedikit, banyak yang aku gak tau, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak aku juga banyak yang gak tahu kok... kalau tahu juga banyak yang lupa, heee

      Delete
  5. Gak semua ngikutin... yg paling fenomenal menurutku sih Betty la fea. Lucu banget ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang lucu... banyak versi juga sosok si Betty ini...:)

      Delete
  6. iyaa dulu ngehits banget ya mak telenopela. Eh si Dulse itu sekarang pasti udah gede ya, pengen tahu penampakannya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah gede.. cantik kok... tadinya pengen pasang foto2 transformasinya, tapi kayaknya buat postingan nanti ya... hihi

      Delete
  7. Sebagian pernah nonton he he. Yang Bintang cilik so pasti udah gede-gede. Terutama si Belinda, dulu imut-imut sekarang sudah dewasa banget, imagenya sudah beda he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinda udah jadi penyanyi terkenal dinegaranya... sekarang masih eksis. cantik banget... padahal menurut aku dulu cantikan pemeran renata, sekarang malah Belinda yang cantik bangeeet... heee

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. so nostalgic! saya suka bgt amigos dan dulce maria.. betty la fea juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka mbak...:) makasih kunjungannya...

      Delete
  10. Aku sudah nonton hampir seluruh telenovela yang ditulis sama ibu / mbak Santi! Jadi, pas nonton Carita De Angel aku sudah SD kelas berapa gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh saya malah lupa waktu umur berapa, kayanya dah lulus sd deh, haha... ketahuan deh udah tuwir...

      Delete
  11. Pinginnya diputar lagi. Tpi udah ngk mungkin kyknya. Btw vivo por elena kok gk ada ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang itu aku gak ngikutin... lupa malah. haha

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images