Nostalgia yuk: Serial jadul Kartun

Friday, January 09, 2015



Bismillah...

Penulis HoyongNyerat ingin menelusuri jejak hiburan pertelevisian di Indonesia semenjak kecil. Kita masuk ke lorong waktu dari sekitar tahun 90 yuuuk...! (cung yang seumuran...?)

Kita mulai dengan film kartun:

Siapa yang gak seneng film kartun saat masih kecil? Hampir semua suka, bahkan dari semua anak kecil yang aku temui pasti suka. Kalau anak sekarang mereka sering nontonnya acara kartun seperti Upin&Ipin, Boboiboy, Doraemon, Naruto, dll. Kalau yang dalam negeripun, sekarang bermunculan kartun yang cukup berkualitas seperti Adit dan Sopo Jarwo, Si Entong, dll.

Kalau dari jaman aku TK serial kartun yang muncul waktu itu dan yang aku ingat adalah Doraemon! Ya, Doraemon memang kartun lawas yang masih tetap eksis hingga hari ini. Belum lagi film terbarunya Stand By Me lagi booming kali ini. :)

Kita maju ke jaman aku SD sampai aku udah gak suka nonton kartun lagi (hihi, aku lupa yang pasti saat SMA aku masih nonton kartun, tapi kita bahas kartun jadulnya aja yaa...)

Dulu di hari Minggu memang surganya serial kartun dari mulai jam 5 sudah ada
yang muncul.

Kobo Chan

sumber gambar

 Dulu sempat ada film Kobo Chan. Serial ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Kobo Chan dan Keluarga. Yang paling diingat dari serial ini adalah tokoh kartunnya yang kadang penggambaran matanya yang hanya titik saja, sehingga kakak laki-laki aku waktu itu bilang, “naha eta mah aya cileuhan?” (kenapa, ada kotoran matanya?) he... dan satu lagi adalah si tokoh utama yang bernama Kobo Chan tidak suka makan pisang seperti pada potongan lagu pengantarnya.

Chibi Maruko Chan

sumber gambar


Lanjut ke serial Chibi Maruko Chan. Untuk anime yang satu ini, awal kemunculannya aku pikir ini anime yang sangat tidak profesional. Dari gambarnya saja gak ada cantik-cantiknya. Tapi kalau sudah nonton seru juga. Si tokoh utamanya Maruko mempunyai sifat yang konyol juga. Dengan rambut berponi dan bulatan mrah dipipi menjadi ciri khas dari tokoh utamanya ini.

Serial ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Maruko, bersama keluarga dan lingkungan sekolahnya. Hampir sama lah dengan serial kartun keluarga pada umumnya. Namun, di serial ini (sama dengan Kobo Chan ini) di serial ini murni menceritakan kehidupan normal manusia biasa tanpa embel-embel impian, magic, atau apapun yang berbau tidak nyata di kehidupan biasa.


SailorMoon


Ada pula serial yang paling terkenal dan favorit aku dulu, yaitu Sailormoon dengan jargon khasnya”Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!”
Serial ini memang favorit aku, karena pada saat itu serial ini termasuk serial anime dengan tampilan yang cantik, mata khas anime yang bulat besar terkesan imut dan cantik. Tubuh yang langsing, rambut yang penuh mode dan fashionnya yang bagus, pasti deh jadi favorit anak wanita saat itu.

Serial ini berisi fantasi fiksi yang menceritakan pahlawan wanita yang punya kekuatan super yang berperan membasmi kejahatan. Disini pahlawan dapat berubah wujud dan mempunyai nama superhero sailor diikuti nama planet (kecuali Sailormoon). Tokohnya terdiri dari para sailor utama yakni, Usagi yang bisa berubah menjadi Sailormoon, Rei yang bisa berubah menjadi Sailor Mars, Makoto yang bisa berubah jadi Sailor jupiter, Minako yang bisa berubah menjadi Sailor Venus, dan Ami yang bisa berubah menjadi Sailor Mercury.

Udah penjelasannya, nanti deh aku posting ulasan serial ini (gak janji, ya takut lupa atau males... hihi...).

Wedding Peach



Lalu ada serial yang menurut aku mirip Sailormoon yaitu, Wedding Peach. Berceerita tentang 3 orang super hero cantik yang dapat berubah untuk membasmi kejahatan dengan kekuatan supernya. Pemeran utamanya adalah Momoko yang bisa berubah menjadi Wedding Peah. Selain Wedding Peach ada Wedding Lily dan Deasy. Mereka berubah menjadi super hero yang mengenakan gaun pengantin lengkap dengan bunganya. Dan seelah itu berubah lagi mengenakan kostum yang seksi (biar gak repot kali ya pas lawan jahat... heee).
Sebenarnya ada serial kartun yang aku inget tayang sebelum TK, tapi jalan ceritanya aku benar-benar lupa yaitu Saint Seiya. Yang aku inget sih kakak-kakak aku pada nonton serial itu, dan aku masih belum ngerti hal yang seperti ini.



Dragon Ballz

sumber gambar


Siapa sih yang gak kenal kartun ini? Dari jaman aku kecil sampai sekarang aku punya anak kayaknya masih eksis (entah sekarang masih ada gak ya?). Terakhir lihat ada beberapa bulan lalu. Menceritakan tentang Son Goku dengan rambutnya yang khas. Episodenya lumayan panjang dan saking panjangnya sitokoh sampai beranak cucu.

Ranma ½

sumber gambar


Menceritakan tentang Ranma yang seorang pemuda dan karena suatu hal ia bisa berubah menjadi wanita.

Ninja Boy

sumber gambar


“Rantaro, Kirimaru dan Sinbhe tiga orang sahabat...
belajar di perguruan Ninjutsu sebagai murid Ninja Boy...”

Dari kutipan opening songnya (versi TPI) saja sudah jelas serial ini menceritakan tentang apa. Diiisi dengan kekonyolan ketiga tokoh kartun itu membuat serial ini cukup mencuri hati aku. Tayang di TPI lalu hilang dan muncul lagi di Indosiar.

Dr. Rin

sumber gambar


Serial fantasi ini hampir sama dengan serial fantasi lain yakni tentang super hero yang Dr. Rin yang mempunyai identitas asli Mei Rin yakni seorang pelajar biasa dan diceritakan ia menyukai kak Yamamoto... (maaf kalau salah mohon koreksi...)

Azuki Bunny

sumber gambar


Hampir saja aku lupa dengan serial ini, padahal ini kartun favoritku! Isinya sih cerita fiksi biasa yang menceritakan kehidupan sehari-hari Bunny atau Azuki (ada 2 versi dari nama-namanya) yang menyukai Mike, teman sekolahnya. Menurut aku ini serial kartun yang agak dewasa, untuk anakku kayaknya jangan nonton ini sebelum 15- 17 tahun kali ya... hihi... (soalnya isinya tentang pacaran dan cinta-cintaan melulu... ), dan walaupun nonton gak boleh ditiru ya nak... heee.

Tokyo Mew-Mew

sumber gambar


Serial ini cukup populer waktu itu. Sekitar SMP awal munculnya serial ini. Tapi aku illfeel banget dengan serial ini, karena tokoh utamanya yang menurut aku lebay banget... ahh... pokoknya gereget kenapa bisa jadi peran utama, padahal ada tokoh lain yang mencuri hati aku? Hiks... wah untuk fans-nya maaf yaa... ini cuman opiniku aja...

Samurai X (Rorouni Kenshin)

sumber gambar



Ini terkenal banget waktu itu dan aku suka. Bercerita tentang jaman 'baheula'nya jepang saat para samurai eksis disana. Soundtracknya enak-enak banget. Gambarnya bagus juga. Ada aksinya, dramanya juga ada.

Tokoh utamanya bernama Kenshin yang menjadi insyaf setelah sebelumnya adalah seorang pembunuh berdarah dingin yang berjuluk Bathosai Si Pembantai. Dan setelah insyafnya itu sifatnya berubah dari yang dingin menjadi seorang yang hangat dan ramah. Saat menjadi Batoshai, luka di pipinya baru segaris dan setelah menjadi Kenshin, luka dipipinya menjadi tanda X. Yang paling aku suka dari serial ini adalah karakter Kenshin yang saat kondisi tertentu bisa berubah menjadi dingin seperti Batoshai (mungkin saking keselnya sama si musuh kali yaa... hihi).

Hunter X Hunter

sumber gambar


Berisi petualangan dan pertarungan. Yang paling aku suka adalah sosok Kilwa. :). Banyak yang lupa sebenarnya.

Fruit Basket

sumber gambar


Meskipun judulnya berarti keranjang buah tapi inti ceritanya bukan tentang buah-buahan kok. Seingatku, isi ceritanya tentang kutukan dari sebuah keluarga yang bisa berubah jika bertabrakan dengan orang dan karakter sesuai shio (maaf jika salah, tapi yang aku tangkap kaya gitu). Sosok yang paling aku suka adalah Yuki...:)

SlamDunk


sumber gambar


Ini favorit aku juga. Inti ceritanya tentang perjuangan anak-anak tim basket Sohoku. Tokoh utamanya Hanamichi Sakuragi seorang pelajar dengan gaya berandalan, namun mempunyai hati yang baik kok. Rambutnya memiliki khas berwarna merah terang atau oranye. Yang paling aku suka disini adalah sosok Rukawa, rival Sakuragi dalam merebut hati Haruko gadis pujaannya.

Minky Momo

sumber gambar


Sosok anak kecil, yang berasal dari kerajaan yang bisa berubah menjadi sosok gadis dewasa sesuai keinginannya.

Sepertinya sudah dulu saja, sebenarnya masih banyak tapi sudah terlalu penuh artikelnya, nanti kalau sempat kita lanjut, sambil mikir-mikir lagi (maklum dah mulai pelupa, hihi)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Sebagian juga nonton, Dragon Balls sampai sekarang masih aja ada :D Kalau ada yang mau diputer lagi, milih Kobo Chan deh, simpel tapi enak aja nontonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya itu lhooo yang cuma setitik, hihi...

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images