Perbedaan Kondisi Hamil Pertama vs Kedua

Tuesday, March 17, 2015

Kehamilan memang suatu anugerah yang diterima dari Sang Pencipta, dan sebagai insan yang bertanggung jawab tentunya kita harus menjaga dan merawatnya baik-baik supaya janin sehat selalu ya moms...


Terkadang para Moms khususnya saya agak sulit menjaga pola makan agar selalu masuk asupan yang bergiszi tentunya pada trimester awal yakni saat-saat maboknya yaa... Dan tiap bunda yang mengalami 'mabok' itu berbeda-beda kan ya, bahkan bukan tiap bunda saja, tiap kehamilan walau bunda yang hamilnya sama tetap ada perbedaannya. Tak hanya soal 'mabok'-nya itu, namun banyak hal yang menjadi perbedaan, dan apakah itu penentu jenis kelamin atau bukan saya gak tahu sama sekali.Tapi kebanyakan bilang begitu sih, heee... apakah mitos atau fakta?
Entahlah...

Oke kali ini saya akan bahas soal perbedaan hamil pertama dan kedua yang saya alami.

Hamil Pertama:

-Trimester pertama: 

ini trimester pertama, lihat kan antusias banget?
Sejak awal kehamilan gak nyangka banget bisa hamil dan tentunya seneeeeng banget! Awalnya, memang udah curiga karena haid yang telat belum juga dateng.

Kegiatan gak terhambat, sering jalan-jalan (pengantin baru pan ya..., hihi).

'Mabok?'

yes! Tapi cuman sekitar 1-2 minggu aja, selebihnya baik-baik aja. :)

Gak banyak keluhan, semuanya dijalani dengan asyik...



-Trimester kedua:

 Bolak-balik Bandung Surabaya gak masalah, syukuran 4 bulanan di kampung halaman. Pulang lagi saat jelang puasa. Dibawa puasa fine aja.



-Trimester terakhir:

 Masih merasa menyenangkan, sampai gak kerasa waktu mau melahirkan, plus gak banyak keluhan. Kalaupun ada mungkin sedikit jadi gak dirasa.

Perubahan bentuk tubuh terlihat banget , muka bulet dan badan besar di fase ini. Hmmm... :)

Di trimester terakhir ini masih rajin selfi, hehe... bentuk tubuh udah mbulet




Hamil Kedua:

-Trimester pertama:

Awal kejadian gak terduga, tiba-tiba udah 2 bulan aja hamil. Tahu hamil tuh gara-gara badan sering gak enak, datang haid terakhir cuman sehari, tahunya itu adalah pertanda dan bukan haid. Hmmm...

'Morning Sickness' alias 'Mabok'-nya paraaaah banget...! Lamanya sampe 4 bulan kehamilan. Sampe-sampe diungsikan di rumah ortu gegara gak cocok sama masakan di Surabaya.

Banyak banget keluhan, mulai 'mabok' yang parah, sakit pinggang, punggung, sembelit parah, dan muncul flek padahal kerja sewajarnya aja. Cuman jalan jarak dekat aja udah ngeflek.

Gara-gara gampang flek tadi, alhasil langsung ke bidan malam2, lalu dirujuk untuk cari tempat usg yg masih buka, dateng ke dokter kandungan yang ada di daerah Wiyungan, dan eng-ing-eng... kata pak dokternya bilang ini sudah (hampir) gugur.

Dikasih obat penguat kandungan dan multivitamin, seminggu kemudian harus dateng lagi buat cek ulang kalau misal masih belum berhasil maka harus digugurkan karena janin gak tumbuh.

Tapi alhamdulillah, seminggu kemudian setelah bedrest (meskipun gak bisa full bedrest, gegara ngurus anak juga) janinnya bagus dan kehamilan bisa dilanjutkan... :)

Mood, bawaannya males, males dandan... males mandi, hihi... tapi males mandi tuh karena tiap kena air pasti menggigil... padahal tinggal di Surabaya yang kondisinya puanaaas rek! Padaha biasanya mandi nyampe 3 kali lhoo



-Trimester kedua:

Masih mengalami 'Morning Sickness' (selama 4 bulan pertama),

Masih sakit punggung, pinggang, gampang lelah dan pusing. Makan susah banget...

Masih males teruuus...



-Trimester terakhir:

Alhamdulillah makan udah mendingan, cuman tetep gak senafsu seharusnya. Pengennya makan yang manis-manis kaya cake, roti, coklat, buah... itupun buah yang manis kaya semangka...

Sakit punggung dan pinggang masih apalagi sekarang di uk 8 bulan karena menahan beban.

Bawaannya males...tapi agak mending sekarang, karena harus  banyak gerak juga. Facialpun jadi agak rutin biarpun rada telat-telat.

Nb: di hamil kedua ini saya males banget foto-fotoan... hihi




Nah itu tadi perbedaannya, yang pertama ini aku melahirkan putri yang bernama Farihah Yumna Batrisyia dan yang kedua masih menunggu, kalau dari hasil usg terakhir kemungkinan sih lelaki, yaaa... tapi gak tahu juga nanti karena baru dugaan sementara.

Untuk proses kelahiran, mungkin ada baiknya nanti kalau detun udah keluar yaa... hehe. Itupun kalau saya gak males, heeee

You Might Also Like

17 komentar

  1. Wah ternyata kehamilah kedua lebih ganas ya mak... Semoga janinnya sehat terus, kelahiran dilancarkan. aamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mak... makasih... iya mak yang kedua berasa lamaaaa banget jadinya... huhu

      Delete
  2. tiap hamil emang beda-beda ya... mungkin ini yang namanya bawaan orok... eh, saya juga sempat bedrest tuh pas hamil si bungsu (ketiga) :D

    semoag dilancarkan ya lahirannya... wilujeng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah udah 3 mak... wiiih... hebaaat... aku aja yang pas hamil pertama pengennya 4, pas hamil kedua ini kok jadi males hamil lagi, yaaa? males maboknya itu mak... heu...

      Delete
    2. eh lupa... aamiin do'anya mak...

      Delete
  3. Samaa mak, hamil pertama sama keduaku juga agak beda, yang kedua ngga suka bau-yang menyengat termasuk bau wangi obat pel

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak... yg namanya bau wesss aku hindari apalagi bau bawang-bawangan mak... bau nasgor pinggir jalan, atau bakso yg disurabaya aku hindari... kalau kebayang yg jijik-jijik juga bisa muntah mak..... hadeuh...

      Delete
  4. Biar ngga sakit punggung minum susu, memang pertama kedua itu beda-beda emang pas hamilnya agak berat tp lahirannya lbh mudah yg kedua karena sdh pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaruh mak...? baru tahu aku... biasanya gara-gara bra yg mulai ketat setahu aku mak...
      justru yang kedua ini aku malah dagdigdug karena udah tahu rasanya ngelahirin sakitnya gimana... >_<

      Delete
  5. biasnaya kehamilan pertama yang sesuatu,tapi ini yang kedua ya mak hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak... padahal pas baru lahiran yang pertama semangat bikin anak 4, hihi...

      Delete
  6. Aaahh Maaakk. Sama banget. Kehamilan kedua si Utun ini lebih ajaib. Dan sama juga di bagian P-E-M-A-L-A-S. Utun ku sih belum keliatan jenis kelaminnya. Tapi melihat persamaan kita *ceileh*, Utunku cowok juga kali ya hihihi. Well, apapun itu. Sehat-sehat, lancar-lancar, dan saling mendoakan ya Mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... kalau firasatku sih cowok mak... tapi pas usg selanjutnya, bu bidannya bilang kelaminnya sembunyi terus, biasanya cewek, #jedugh! aiiih jadi bimbang, untung gak nyiapin yg cowok banget buat perlengkapannya, heee... yang penting sehat gak ada kekurangan dan lancar aja ya mak mau apapun itu. Aamiin mak semoga kita dilancarkan segala suatunya... :)

      Delete
  7. waaahhh.. mudah mudahan anak kedua lahir dengan selamat ya sis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah udah lahir, mbak... lancar segalanya... :)

      Delete
  8. Aduh mirip bgd ma aq.. Anak prtama mah apa aja makanan/minuman msk.. Ini aq hamil bbrp minggu dah mabok parah.. Makanan/minuman apa aja kluar.. Bkin lemes malahan.. Aduh.. Pusing nyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya mbak... semangat mak... hehe semoga debaynya sama ibunya sehat terus :)

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images