Mengenal Digital Scrapbook

Tuesday, February 05, 2013

Digital scrapbook?
Begitu asing saya mendengar kata Scrapbook. Selain karena kata yang berasal dari bahasa asing, juga dari kata yang belum pernah saya dengar sehingga sulit dibayangkan apa itu scrapbook.
Awalnya saya mendengar kata scrapbook saat saya (tidak sengaja) menemukan di situs

Kevin amanda.com. Awalnyapun saya mencari di googling untuk membenahi blog saya biar cantik. Tahunya ada pembahasan scrapbook, meskipun saya agak kesulitan membaca artikel tutorial (padahal belum bisa ikut tutorial), saya beruasaha mengartikan apa itu scrapbook. 
Scrapbook sendiri menurut saya adalah suatu seni karya menempel kertas yang memiliki bentuk-bentuk yang lucu, seperti membuat kartu ucapan atau album yang memiliki banyak karakter lucu. Nah untuk Digital Scrapbook, bentuknya bukan lagi kertas melainkan seni karya yang dibuat di komputer. Tak perlu lem, gunting dll, karena berbentuk digital. Tapi bisa juga kita print paper dan kit-nya.jika ingin ditempel.
Sayapun begitu jatuh cinta dengan kreasi scrapbook. Saya yang baru kenal saja, malah bukannya konsentrasi untuk belajar di awal tapi malah ingin membuat element-elementnya (nantang bener... hee).
Sebagai pemula, saya berusaha mencari info tentunya dari google dulu. Sebelum saya mencari di buku-buku (cari gratisan dulu).
Sayapun berusaha mencari referensi tentang pembuatan kit scrapbook. Tapi sayang mencari yang berbahasa indonesia begitu sulitnya dan malah sampai saat ini saya belum menemukan. Belum lagi untuk situs luarpun sulit mencari tutorial menggunakan GIMP. Rata-rata menggunakan Photoshop dan kawan-kawannya. Sayang sekali, ya untuk saya sebagai pemakai Linux yang tidak mau memakai barang bajakan (berusaha jadi muslim yang baik,lah tidak memakai hak orang... takut gak berkah kalau gak ridho mah, hehehe...).
Dan meskipun saya telah jatuh cinta, tapi karena sulit, saya agak bosan juga, dan yang biasanya tiap ada kesempatan online saya googling, karena rasa bosan saya, hal itu agak saya kurangi. Tapi itu bukan untuk melenyapkan rasa cinta saya pada scrapbook. Saya masih berusaha dan ingin berkarya llewat scrapbook terutama membuat design original sendiri (cmiiiw), aamiin..... (ikut aminin yaa...)
Bagi teman-teman yang ingin belajar dan masih asing dengan scrapbook bisa kunjungi pembuatan scrapbook secara online dan gratis. Bisa kunjungi situs cropmom.com. Namun jika kita ingin mendownload dengan hasil maksimal maka kita dikenakan biaya, jika gratis resikonya hasil gambar menjadi tidak maksimal (kecil dan pecah bila diperbesar, maka tidak cocok untuk print).
Jika kita sudah berkutat dan ingin mendesain tema atau menggunakan tema yang bagus-bagus, banyak situs yang menawarkan kit atau tema scrapbook secara gratis. Tapi ingat, gratis juga kita harus membaca term of use-nya. Biasanya, para perancang melarang untuk mengkomersilkan hasil karya mereka, atau menyebarkannya. Maka jika ingin membaginya lebih naik kita cantumkan link-nya saja ke situs yang bersangkutan.

Berikut situs yang menyediakan kit dan layout template yang berbayar maupun gratis:

Sebenarnya masih banyak, tapi cukup segitu saja dulu. Selanjutnya teman-teman bisa googling saja (hehe).
Buat teman-teman yang ingin berkarya di scrapbook ayo semangat dan kreatif sekreatif mungkin! 
Semoga tulisan ini bermanfaat, mohon maaf bila ada salah ketik dan kata yang amburadul. Jika ingin copas mohon cantumkan sumber link-nya...

scrapbook yumna and familly
wassalam...

You Might Also Like

2 komentar

  1. hi! kalau berminat dengan digital scrapbook bisa loh bergabung dengan forum https://www.pixelscrapper.com
    banyak elements gratis untuk di download. Joining is free, all you need to do is interact! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan dan infonya, semoga bermanfaat bagi pembaca untuk tambah referensi. :)

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

Popular Posts

Flickr Images