pojok anak: Lepas Pospak,Ternyata Memang Harus Menunggu!

Monday, February 16, 2015

Bayi dan popok adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Hampir setiap orang tua jaman sekarang memakaikan anaknya popok yang bisa menyerap air ompol agar tak meleber kemana-mana, walaupun hanya memakai untuk bepergian saja.

Begitupun anakku, dia sudah aku pakaikan pospak semenjak 1 bulan atau 2 bulan. Rasanya untuk tidak memakai diaper adalah hal yang sulit, belum lagi dalam beribadah mengharuskan kita untuk selalu suci dari najis, baik yang berat maupun ringan. 



Kenapa memilih pospak alias popok sekali pakai? Gak pake clodi aja?


Pertama, aku benar-benar gak tahu soal ginian saat anak aku lahir. Jadi aku sih ngikut yang sudah dipake oleh anak-anak kakak-kakakku aja.
Kedua, ketika tahu gara-gara baca sana-sini di internet dan banyak baca iklan di internet juga, akupun pengen beli. Eh tetapi, saat aku bilang ke suami suami kurang sreg, harganya lumayan mahal, untuk yang lokal saja, belum lagi inner yang agak susah didapat, karena kalau cuman ngandelin beli awal paling dikasih 2 biji entah malah 1. sedangkan anakku terbilang beser, karena masih ASI eksklusif. Ditambah cara cuci inner yang harus hati-hati biar gak gampang rusak. Sedangkan aku dan suami kalau mencuci noda bekas pup harus benar-benar bersih.

Jadilah aku lebih memilih pakai pospak.

Dan, gara-gara pemakaian yang berkelanjutan bikin aku putar otak gimana caranya biar saat usianya 2 tahun setelah lepas ASI bisa lanjut lepas pospak. Baca sana-sini katanya jika lebih dari 3,5 tahun maka akan sulit untuk melepasnya kelak. Bahkan ada anak saudara dari tetanggaku yang sampai SD masih pakai pospak! (ngeri aaaaah... jangan sampai anakku kayak gitu, kan kasihaaaan)

Usai 2 tahun, dan lepas ASI akupun memantapkan mengajar anakku pipis di kamar mandi. Dimulai pelan-pelan, dibiasakan dulu untuk mengenal kalau pipis di kamar mandi, bukan diruangan lain.

Lucunya, awal sekali dia lepas pospak, dicoba supaya tahu kalau pipis itu basah dan gak enak. Tentunya aku bener-bener mantengin biar dia gak nyebarin air ompolnya kemana-mana. Dan diapun merasakan pipis tidak seperti biasanya, dia malah teriak sambil nangis “ma, apa ini...?”

Oke, aku pakein aja dulu pospaknya, aku coba rutin aja kekamar mandinya. Biar kenal kamar mandi dulu.

Cukup lama juga mengenalkan pipis di kamar mandi. Tapi, aku belum berani untuk melepas pospaknya, karena anakku belum bisa nahan pipis. Dan parahnya, anakku sempat tidak mau pipis di kamar mandi yang bukan tempat biasa dia pipis.

Adalagi, saat-saat dimana anakku sudah bisa bilang pipis, tapi ternyata dibarengi dengan keluarnya ompol. Dan ini bikin ubun-ubun serasa panas dan gereget banget!

Yang bikin gereget lagi, tiap dia udah mulai ngerti tentang pipis, eh sakit. Maka aku pakein lagi, soalnya kasihan kalau harus bolak-balik cebok. Udah sembuh, eh lupa lagi. Begitu seterusnya.

Dan hamil keduapun ternyata datang juga! Senang sih, tapi... kepikiran juga gimana anak sulungku nanti, aku takut malah makin repot jika lepas pospak ketika anak kedua lahir. Belum lagi kondisi hamil yang agak lemah. Bikin dagdigdug aja...
Tiap siang habis mandi pagi dia tak pakai pospak sampai mandi sore, lalu berkelanjutan sampai dia bobo malam. Tidur siangpun masih pakai pospak. Karena belum bisa nahan pipis saat tidur. Bahkan saat sedang mainpun terkadang dia kebablasan... bikin puyeeeng...

Ada saat dimana, anakku saking malesnya ke kamar mandi, dia tahan. Saat disuruh ke kamar mandi gak mau. Badan udah gak enak dan kelihatan gelisah, baru ditanya mau pipis apa nggak, dia keukeuh bilang gak mau. Eeh selang beberapa detik bilang gak mau udah ngompol...

Usia 3 tahun datang, makin putar otak. Browsing sana sini, ngebut...
Dapet artikel tentang hypnotherapy. Katanya sebelum tidur dibisikin supaya jangan ngompol, dan biar alam bawah sadarnya merespon, kebetulan anakku sudah mulai pandai namun belum bisa nahan saat tidur.

Dan menurut aku hasilnya tetap saja, belum lagi dia kadang pup sambil tidur. Sepertinya gagal!

Dan, alhamdulillah sekarang mungkin hampir seminggu anakku sudah bisa menahan pipis sambil tidur! Awalnya selang seling, tapi sekarang sudah tiap hari, dan dari seminggu bocor sehari tupun gara-gara kecapean diluar seharian, tidur dari sebelum maghrib. Dan pipisnyapun ia terbangun sambil nangis karena merasa bersalah udah ngompol...

Aku coba malam kemarin untuk sama sekali tidak pakai pospak, karena semalam sebelum tidur ia sudah buang air kecil. Alhamdulillah ia pipis pas pagi dan bilang mau pipis.Namun, jika sebelum maghrib ia belum pipis, kayaknya aku akan pakein dulu, soalnya dia belum pernah ngajak ke kamar mandi malem-malem, kecuali pengen PUP.

Kuncinya menurut aku, tunggu saja nanti juga akan siap asal diajari juga, jangan sampai gak kenal namanya pipis di kamar mandi. Lalu, saat dia bisa pipis dikamar mandi dan apapun prestasi yang didapat puji terus, biar dia ingat. :)

You Might Also Like

8 komentar

  1. Iya mak memang butuh wktu bagi si kecil utk beradaptasi dg aturan yg harus ia ikuti. Ken alhamdulillah pas 2 tahun udh lulus toilet training. Itu pun latihannya udh jauh2 hari mak. Sejk ken usia 1 tahun, aku pakek in dianpospak cm waktu bobok malem aja, lainnya pakek clodi. Trs diusia 18 bln. Pospak utk malam diganti clodi dan siangnya pakek training pants yg aku biat sndiri. Alhmdulillah lulus sdh. Memang butuh perjuangana mak, mental kita jg tenaga, karena harus nyuci ngepel dll. Semngat mak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga awalnya pengen dari jauh hari, cuman beda dengan suami yang selalu kasihan... tapi alhamdulillah ternyata bisa juga belum terlmabat. :)

      Delete
  2. Mesti sabar dan telaten emang mak ngajarin anak toilet training. Tetep semangat mak.
    Salam kenal ya :))
    syahdian-novianti.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, semakin kita marah, malah si anak semakin gak ngerti... walaupun aku bener-bener gak bisa nahan banget yang namanya kesel...
      salam kenal juga, makasih kunjungannya...:)

      Delete
  3. Kebetulan saya yang masih setia sama pospak. Karena urusan najis dan kebetulan cukup repot kalo pake clodi karena gak ada pembantu. Punya 2 anak semuanya pake pospak, tapi memang butuh kesabaran toilet training anak. Yang pertama 3,5 tahun dah lulus sejak usia 2,5 tahun. Tinggal yang kedua masih 2 tahun, belum bisa lepas dari pospaknya.

    Salam kenal mak ^_^
    www.dapurbundarayhan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mak yang utama memang karena gak mau repot untuk beribadah... kalau bukan najis saya mungkin gak bakalan pakein tiap hari... paling keluar aja, heee

      salam kenal juga :)

      Delete
  4. Hai mak, aku sedang dalam proses toilet training untuk anakku yg sebentar lagi mau 3 thn. Persis banget kelakuannya seperti yg mbak tulis. Ngomong pipis tp smbl keluar juga pipisnya, gak mau ke toilet, dan kalau pake pospak dia diem aja anteng gak blg kalau mau pipis..

    Beberapa kali aku kesel dan jd marah2.. Tp anaknya mungkin malah jd makin anti sm toilet ya mak.. Huhuhu.. Doakan ya mak supaya cepet lulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak pasti kesel... bukan kesel ke anaknya, tapi kesel karena najisnya itu lhooo... capeeee... heee
      asal sering ngingetin dan muji dia kalau pas dia mau pipis dikamar mandi pasti bikin dia lama-lama biasa dan semangat kalau pipis di kamar mandi deh mak. memang gak bakal langsung terus, tapi lama-lama pasti jadi rutin... tenang aja mbak, anakku juga 3 tahun tuh masih ngompol, udah pasrah aja, eh tahunya dalam 3 bulan dia sendiri yang ngerti tanpa paksaan... :) dengan catatan harus terus dilatih dan dipuji... (untuk anakku sih gitu).

      oh iya, semoga sukses ya mak, biar cepet bye-bye sama pospak... :)

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images