Cara Mengurangi Penyimpanan Internal

Sunday, May 08, 2016

Sebagai pengguna handphone dengan sistem operasi android, pasti sering mengalami memory hampir penuh padahal aplikasi yang terpasang hanya beberapa saja. Lalu ujung-ujungnya gak bisa download aplikasi lain karena sudah ada peringatan bahwa memori hampir penuh.

Foto by: Alejandro Escamilla/Unsplash (sumber gambar


Cara yang biasa saya pakai biasanya, saya hapus sampah-sampah baik secara manual atau memakai aplikasi pembersih seperti Clean Master. Aplikasi ini yang saya gunakan pada smartphone saya, bisa didownload di Playstore.

Tak lupa juga saya hapus foto-foto dan video yang tidak terlalu penting, seperti misal foto yang blur karena gagal atau video yang biasanya kepencet sama anak saya secara gak sengaja, hehe. Sms dan panggilan telepon juga dibersihkan saja untuk yang sekiranya tidak penting.

Oh,iya, jangan lupa juga untuk memindahkan aplikasi-aplikasi yang telah didownload untuk masuk ke memori internal.

Tapi, makin lama pembersihan seperti ini masih saja gak bisa buat menurunkan memori, walaupun turun masih saja memenuhi sistem. Akhirnya saya cari di beberapa blog, ada beberapa saran.

Pertama, katanya hapus folder .thumbnail via PC. Karena lewat hp folder itu tidak terlihat namun memakan banyak memori. Saya coba, dan ternyata tidak berefek.

Kedua, ini lebih ekstrim dan saya gak berani coba. Caranya dengan memindahkan aplikasi bawaan ponsel yang tersimpan di memori internal ke memori external. Aplikasi bawaan ponsel ini biasanya tidak bisa dipindah. Maka dari itu diperlukan aplikasi yang bisa memindahkan aplikasi tersebut. Namun, sebelum menggunakannya pastikan hp kita sudah di- root dulu. Resiko hp yang sudah di-root yakni hp akan rentan terkena malware. Maka saya gak berani.

Akhirnya saya nemu tulisan yang menuliskan bahwa bisa dengan menghapus data dari tiap aplikasi yang terpasang. Efeknya, jika kita buka aplikasi itu, maka data yang didapat sudah hilang seperti data login, riwayat dll. Misal kita biasa login fb via chrome dan biasanya kita masuk langsung ke akun kita. Jika dihapus data, maka saat kita login fb maka kita akan diminta login kembali. Begitu juga misal kita buka Instagram, Line, dll maka kita akan diminta login kembali.

Caranya cukup simple tapi agak repot juga karena dikerjakan manual alias satu-satu aplikasi dihapus datanya. Pertama masuk ke Pengaturan ==>  Kelola Aplikasi ==> pilih Semua Aplikasi.
Lalu pilihlah aplikasi mana yang akan dihapus datanya.



Pilih Hapus data seperti pada gambar di atas.
(Untuk pengguna Oppo Find Muse)

Mudah bukan? Selama ini saya sukses mengurangi porsi sistem handphone saya. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

1 komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

Popular Posts

Flickr Images