Yang Jadi Kenangan di Masa Dulu (edisi permainan)

Monday, July 13, 2015

Assalamu'alaikum....

Masa kecil memang gak terasa ya, padahal waktu dilalui oleh kita, tapi kok berasa udah gede aja dan nimang anak, hehe.

Sekarang saya lagi asyik mengingat masa kecil saya dulu, banyak hal yang sudah hampir punah bahkan sudah tidak ada lagi di jaman sekarang. Dan seperti kebanyakan petikan yang saya baca, era saya (90-awal 2000an), adalah generasi yang bahagia, hihi...

Kenapa sih disebut generasi yang bahagia?
Sudah pasti, karena jelas beda antara anak jaman 'baheula' sama sekarang. Contohnya, kalau dulu kebanyakan anak main diluar, panas-panasan, ujan-ujanan... sekarang? Banyaknya dirumah, depan gadget. Kalau keluar, ya mungkin ke warnet main game online atau internetan dan gak serame dulu seperti main petak umpet, galah, ucing-ucingan, dll... Waah pokoknya itu baru contoh sedikit ya...

Terus?


Ya, gak bisa disalahin juga, toh jaman udah berubah sekarang. Coba lihat, para orang tua pasti pada khawatir kalau anaknya keluar lama-lama, karena takut culik, pedofil, dan awak kriminal lain (kalau ini saya juga serem, agak takut juga kalau anak-anak diabur tanpa pengawasan). Belum lagi serbuan gadget yang sudah bukan barang mewah lagi, semua orang pasti punya, minimal hp jadul.

 skip-skip... kita lanjut bahas yang dikangenin waktu saya kecil. Saya tuh kangen sama:

Mainan BP!

sumber gambar


Haha... ini mainan legendaris yang sangat saya suka! Hampir semua anak perempuan seumur saya pasti punya dan kita main bersama.

Mainan kertas yang bergambar kartun atau barbie ini, bisa dipakein bermacam baju dan uniknya tiap baju diberi nama, ada baju ke pasar, baju ke pesta dll. Kebanyakan tokohnya itu perempuan, kalau ada biasanya sedikit. Dan... kalau tak punya tokoh lelaki, maka alternatifnya ialah menjadikan LIDI sebagai tokoh lelaki! hihi...

Mainan ini tak lengkap bila tak memakai setting tempatnya. Bagi orang yang berduit biasanya membeli rumah-rumahan atau peralatan mainan yang bentuknya mini, namun bagi saya dan hampir semua teman saya menggunakan bungkus kemasan odol, sabun, rokok juga pensil sebagai penggantinya! hihii...

Main karet gelang!

sumber gambar


Karet gelang di jaman saya memang banyak gunanya. Selain untuk menalikan minyak kelapa curah, nasi bungkus dll, karet gelang biasanya dikumpulkan untuk membuat tali dari karet. Tali karet itu digunakan untuk main lompat tinggi/tali, sapintrong (gak tahu nama di daerah lain).

Selain itu, karet gelang juga sering di pakai untuk permainan di tangan (entah apa namanya ya) pokoknya dari satu karet bisa dibuat bentuk bintang, balon udara, pocong, silet, huruf-huruf tertentu, ah bermacamlah!


Main kucing-kucingan!
 
Kalau didaerah saya disebutnya 'ucing-ucingan'. ada ucing sumput (petak umpet), atau ucing-ucingan yang mainnya kejar-kejaran dan jadi patung. Pokoknya seru deh.


Permainan yang pake nyanyi

sumber gambar


Permainan ini biasanya dinyanyiin bareng-bareng dengan riang. Ada lagu (gak hafal judulnya ya, jadi ini yang lazim disebutnya aja):
-Bang bang kalima lima gobang-bang
-Pak Polisi Pak polisi
-Pacicicici Putri
-Cingciripit
-Kapiting Cina
-Domikado
-Ada sebuah
 -dll...

Encrak 

sumber gambar


Permainan ini mirip bola bekel, tapi tanpa bola dan dimainkan dengan kerikil batu atau pecahan genteng atau eternit. 


Beklen (Bola bekel)  

sumber gambar


Pasti sudah pada tahu ya permainan ini. 
10 kerang dilengkapi dengan bola yang biasanya terbuat dari semacam karet, sehingga membal-membal. 


Galah/Kum-kuman (Entah daerah lain menyebutnya apa)



Terdiri dari 2  grup yang masing-masing grup memiliki anggota minimal 2 orang. Grup yang kalah tugasnya menjaga wilayah yang berbentuk kotak kotak, dan diam di garis itu, grup yang menang harus melewati penjagaan hingga menembus wilayah penjaga dan balik lagi dan teriak "Asiiiin...!" (Saya juga gak ngerti mengapa dipilih kata "asin", yang bermakna ikan asin atau rasa asin gak manis, atau daging atau apalah gitu...).


Engklek

sumber gambar

Boyboyan

Permainan mirip kasti, tapi bedanya si pemain bisa lari kemana saja, baik yang jaga atau tidak. Awalnya sebuah bola dilempar mengarah pada tumpukan genteng atau sandal dalam jarak tertentu. Kelompok mana yang bisa membuat tumpukan itu terjatuh maka harus lari dan menghindari dari serangan musuh yang akan melempar bola ke arahnya. Siapapun dari kelompok yang lari tadi yang kena bola sebelum tumpukan itu disusun maka kalah.

Oray-orayan 

an 
sumber gambar
 
Oray-orayan luar leor mapay sawah...
Tong ka sawah, parena keur meujeuh beukah...
Mending ka leuwi, di leuwi loba nu mandi...
Saha nu mandi, nu mandina nu paneu....ri!

Itu adalah penggalan dari lirik lagu yang dinyanyikan  saat memainkan permainan ini. Saat lagu terakhir berakhir akan menangkap 'korban' yang menjadi 'ular-ularan', lalu si 'korban' diajak oleh 2 orang yang jadi terowongan untuk memilih 2 kode yang mewakili dari masing-masing orang yang jadi terowongan secara rahasia. Dan yang memilih kode dari salah satu terowongan itu maka diam dibelakang orang yang dipilih dan menunggu sampai anggota si ular habis.

Setelah habis, maka akan terjadi 2 grup induknya adalah 2 orang yang jadi terowongan. mereka berduel seperti tarik tambang namun tanpa tambang, hanya menggunakan tangan. Seru juga, tapi awas tangannya takut jadi panjang, hihi...


Congklak

 
sumber gambar
Menggunakan alat berupa wadah yang berbentuk lonjong panjang dan terdapat lubang-lubang untuk menampung biji atau batu.

*  *  *

Sebenarnya masih banyak tapi saya agak lupa cara mainnya dan nama permainannya.

Kalau saya lihat, disekitar saya sudah jarang yang main begituan. Kebanyakan anak SD di kampung saya sudah pegang gadget ke sekolah, entah sms-an atau ber-sosial media. Kalaupun ada yang masih main lompat tali dan bola beklen, tapi gak sesering jaman saya. 

Pokoknya anak-anak jaman saya itu, belum kenal yang namanya PACARAN! Kalaupun ada itu 'Lope-lopean', hihi...
Maksudnya si A dijodohin sama temennya lope si B, nah keduanya itu pasti pada sewot dan malu-malu kalau beneran suka. Tapi bener, itu cuman 'Lope-lopean' yang jauh dari kata pacaran! 

Aah... pokoknya seru kalau bisa balik ke jaman itu... :) 

You Might Also Like

10 komentar

  1. Lebih variatif dulu ya, skrg mentok di game :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, kalau dulu lebih imajinatif lagi... segala barang disekitar bisa jadi mainan... :)

      Delete
  2. aku kgn eh ama semua mainan2 jaman dulu.,itu fav ku mainan bongkar pasang, engklek ama congklak mba... duh betah deh kalo udh main itu ma temen2 ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti deh kalau udah anteng, main sampe sore... eeh dikejar-kejar ibu buat mandi, hihi #edisi curhat

      Delete
  3. duh iya ,itu mainan jadul yang ngangenin

    ReplyDelete
  4. iya kangen banget jaman dulu.
    paling seneng main orang2an. punya satu box sepatu isinya orang2an lengkap sama perabotan kertas buatan sendiri. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih kreatif ya mbak... segala bungkus kertas bisa dibikin perabotnya, hehe

      Delete
  5. kangen maen bongkar pasang hehehe
    dulu waktu SD malah maen karetnya tanding antar kelas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang kayanya udah susah ya mbak... pada sibuk dengan gadget mama papanya... hehe

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan dan boleh sedikit bercanda tanpa keterlaluan, ya. No Spam No Iklan.

There was an error in this gadget

Popular Posts

Flickr Images